PUBLIC RELATION
Public Relation
sebagai ilmu pengetahuan masih cenderung baru bagi masyarakat kita. Public
Relation atau PR merupakan gabungan dari berbagai ilmu dan termasuk dalam
jajaran ilmu-ilmu sosial seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi,
sosiologi, komunikasi, dan melalui perkembangannya teknologi telah menjadi
bagian dari Public Relation. PR sangat menentukan kelangsungan hidup
perusahaan, organisasi atau lembaga. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa PR
berfungsi untuk menumbuhkan relasi baik antar setiap komponen organisasi dan
menumbuhkan motivasi serta menggiatkan partisipasi.
PR juga merupakan
bagian integral yang tak terpisahkan dari kegiaan usaha atau bisnis. Edward L.
Berneys dalam bukunya Public Relations menyatakan bahwa PR mempunyai
tiga macam arti, yaitu :
• Memberi informasi
kepada masyarakat;
• Persuasi yang
dimaksudkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat terhadap lembaga,
demi kepentingan dua belah pihak.
• Usaha untuk
mengintregasikan sikap dan perbuatan antara lembaga dengan sikap atau perbuatan
masyarakat dan sebaliknya.
Empat unsur falsafah
dari definisi Public Relations adalah sebagai berikut.
• PR merupakan
falsafah manajemen yang bersifat sosial.
• PR merupakan
perwujudan falsafah tersebut pada tatanan kebijaksanaan.
• PR merupakan
komunikasi dua arah yang menunjang keberhasilan kebijakan itu dengan
menjelaskan, menginformasikan, mempertahankan atau mempromosikannya kepada
publik dengan cara pendekatan untuk menciptakan opini public.
Secara umum Public
relation adalah proses interaksi dengan tujuan menciptakan opini publik sebagai
input yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, menanamkan pengertian,
menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, dengan tujuan menanamkan keinginan
baik, kepercayaan, saling adanya pengertian, dan citra yang baik dari
publiknya. Secara khusus, Public Relation merupakan fungsi khusus manajemen
yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian,
dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah
manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik.
Menjelaskan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani minat
publik, membantu manajemen untuk tetap mengikuti dan memanfaatkan perubahan
secara efektif, berguna sebagai sistem peringatan awal untuk membantu
mengantisipasi tren, dan menggunakan penelitian dan teknik suara yang layak
dalam komunikasi sebagai alat utama (Maria, 2002).
Tujuan Public
Relation
Jefkins (2003, p.54)
mendefinisikan dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan tujuan public
relation sebuah perusahaan, beberapa diantaranya yang pokok adalah sebagai
berikut: a. Untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan
adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
b. Untuk
meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
c. Untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang
telah dicapai oleh perusahaan kepada
masyarakat dalam
rangka mendapatkan pengakuan.
d. Untuk
memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas, serta membuka pangsa pasar
baru.
e. Untuk
mempersiapkan dan mengkondisikan masyarakat bursa saham atas rencana
perusahaan untuk
menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
f. Untuk memperbaiki
hubungan antar perusahaan itu dengan masyarakatnya, sehubungan dengan telah
terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kecaman, kesangsian, atau salah
paham di kalangan masyarakat terhadap niat baik perusahaan.
g. Untuk mendidik konsumen
agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk
perusahaan.
h. Untuk meyakinkan
masyarakat bahwa perusahaan mampu bertahan atau bangkit kembali setelah
terjadinya suatu krisis.
i. Untuk
meningkatkan kemampuan dan ketahanan perusahaan dalam menghadapi resiko
pengambilalihan oleh pihak lain.
j. Untuk menciptakan
identitas perusahaan yang baru.
k. Untuk
menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi para pimpinan
perusahaan
organisasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.
l. Untuk mendukung
keterlibatan suatu perusahaan sebagai sponsor dari suatu acara.
m. Untuk memastikan bahwa para politisi benar-benar
memahami kegiatan-kegiatan atau produk perusahaan yang positif, agar perusahaan
yang bersangkutan terhindar dari peraturan, undang-undang, dan kebijakan
pemerintah yang merugikan.
n. Untuk
menyebarluaskan kegiatan-kegiatan riset yang telah dilakukan perusahaan, agar
masyarakat luas mengetahui betapa perusahaan itu mengutamakan kualitas dalam
berbagai hal.
Secara keseluruhan
tujuan dari public relation adalah untuk menciptakan citra baik perusahaan
sehingga dapat menghasilkan kesetiaan publik terhadap produk yang ditawarkan
oleh perusahaan (Mulyana, 2007). Selain itu public relation bertujuan untuk
menciptakan, membina dan memelihara sikap budi yang menyenangkan bagi lembaga
atau organisasi di satu pihak dan dengan publik di lain pihak dengan komunikasi
yang harmonis dan timbal balik (Maria, 2002).
Fungsi Public
Relation
Menurut S.Blacken
Melvin L. Sharpo, 1983, Public relation berfungsi untuk menginformasikan kepada
semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang
didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas lengkap dan
perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif. Berdasarkan referensi
tersebut fungsi Public Relation dapat diuraikan menjadi empat hal, yaitu :
1. Kegiatan yang
bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian
dan citra yang baik
dari publik atau masyarakat pada umumnya.
2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik
yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
3. Unsur penting
dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik,
tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana
organisasi memiliki warna, budaya, citra, suasana, yang kondusif dan
menyenangkan, kinerja meningkat, dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
4. Usaha menciptakan
hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya,
sekaligus menciptakan opini publik sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai
input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.
PRAKTIKUM
Jelaskan definisi
Public Relation dengan bahasa saudara dan analisa contoh Public Relation
sebagai pendukung penjelasan saudara.
OPINI PUBLIK
Opini publik berasal
dari bahasa Inggris, Public Opinion. Menurut Djoenasih S. Soenarjo, dalam
bukunya Opini Publik, opini public dalam bahasa Indonesia sering siterjemahkan
dengan pendapat umum, dengan demikian public diterjemahkan dengan ‘umum’
sedangkan opinion dialihbahasakan dengan ‘pendapat’. Dengan demikian opini
public adalah kumpulan pendapat individu terhadap masalah tertentu yang
mempengaruhi suatu kelompok orang-orang (masyarakat).
Salah satu fungsi public
relation adalah menjaga hubungan yang harmonis antara organisasi atau
perusahaan dengan publik yang akan menciptakan opini public. Para ahli PR
mengatakan bahwa semakin kita memiliki banyak relasi, akan semakin sukseslah PR
kita. Dengan relasi yang semakin kita pupuk, kita akan dengan mudah memunculkan
opini publik yang masuk. Ini artinya perbaikan maupun perkembangan organisasi
bisa lebih efektif. Organisasi akan lebih mudah berkembang, kebutuhan dan
keinginan publik akan mudah direalisasikan secara tepat.
Opini publik identik
dengan pengertian keterbukaan dalam mengungkapkan ide, pendapat, keinginan,
kebutuhan, keluhan, kritik yang membangun dan kebebasan dalam penulisan. Dengan
kata lain, opini public merupakan efek dari kebebasan dalam mengungkapkan
ide-ide dan pendapat. PR harus mampu mempengaruhi media untuk menciptakan opini
public.
PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK
PR harus mampu
mempengaruhi media untuk menciptakan opini publik. Dalam perkembangnnya telah
diadakan penelitian-penelitian yang seksama tentang opini publik yang semakin
jelas dan bermanfaat dalam mengembangkan organisasi-organisasi.
Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa teori tentang opini publik itu
dikosentrasikan pada masalah-masalah berikut.
Opini publik, bila
ditanggapi secara tepat, objektif, jujur, transparan, dan didasarkan pada
fungsi manajemen, umumnya akan membawa perubahan. Ini menunjukkan adanya
perkembangan dari organisasi tersebut , dan opini publik sebagai efeknya.
Bagaimana kita bisa mengetahui sejauh mana opini publik mempunyai kekuatan
sampai pada terciptanya perubahan?
Hal ini sangat
bergantung pada dasar munculnya opini publik tersebut. Kalau itu karena arus
informasi yang tidak tersaring dan terolah, hanya mau ikut-ikutan saja, pasti
tidak akan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perubahan. Juga bila munculnya
opini public itu karena adanya perasaan iri hati, pasti tidak akan mempunyai
kekuatan untuk mempengaruhi perubahan.
Namun, kalau opini
public tersebut muncul karena adanya kepercayaan yang kuat, hal ini tentu akan
bisa mempengaruhi perubahan. Adanya saling percaya dan opini public disadari
untuk memperbaiki produk atau jasa yang berarti juga perbaikan pada organisasi atau
perusahaan dan akhirnya akan memberi keuntungan bagi semua pihak. Berdasarkan
kepercayaan tadi, pengaruhnya sangat kuat untuk menanggapinya secara
berkualitas dampak bagi kedua belah pihak akan memiliki nilai yang memuaskan.
Hal ini, akan mempengaruhi kelangsungan hidup organisasi karena adanya saling
percaya antar organisasi dengan publik.
Adanya kepercayaan, sikap semakin terbuka, jujur,
objektif, dan transparan akan mudah menyampaikan opini publik itu.
Bila opini publik
diciptakan secara terus menerus, publik akan memperoleh gambaran yang jelas
terhadap organisasi. Akibatnya, ada kepercayaan terhadap organisasinya dan
mereka akan dengan senang hati menggunakan produk dan jasa yang diberikan itu.
Artinya, bahwa publik sungguh-sungguh akan mendapat produk yang diharapkan dan
organisasi akan bisa mencapai tujuannya.
TUGAS
Analisa 1 contoh
Public Relation yang telah membuktikan bahwa Public Relation dapat menciptakan
opini public dan presentasikan analisa saudara.
PUBLIC RELATIONS DAN MEDIA
Media dapat
diartikan sebagai:
• Saluran
• Sarana penghubung
• Alat-alat
komunikasi
Dalam kaitannya
dengan Public Relation, media adalah berbagai macam sarana penghubung yang
dipergunakan seorang PR (mewakili organisasi) dengan publiknya, yaitu publik
internal maupun publik eksternal untuk membantu pencapaian tujuan. Penggunaan
media dalam PR yang pertama adalah untuk membantu mempromosikan dan
meningkatkan pemasaran suatu produk dan jasa. Melalui media pemasaran suatu
produk akan lebih mudah karena publik akan lebih cepat mengenal suatu produk.
Tujuan yang kedua adalah menjalin komunikasi berkesinambungan; media membantu
suatu organisasi atau perusahaan untuk mempermudah berkomunikasi secara terus
menerus kepada publik. Yang ketiga adalah menigkatkan kepercayaan publik ; demi
tercapainya fungsi Publik Relation media sangat diperlukan untuk memperoleh
itikad baik dan kepercayaan dari publik dan masyarakat pada umumnya. Tujuan
media yang terakhir adalah meningkatkan citra baik perusahaan / organisasi;
media merupakan sarana untuk meningkatkan citra perusahaan karena melalui media
public akan dapat menilai suatu perusahaan/ organisasi.
Apa artinya media
menguasai kekuatan publik?
Setiap muncul media
komunikasi baru, orang pasti tertarik untuk mengetahui, bahkan mungkin ada
keinginan untuk menguasainya. Bisa terjadi dalam arti positif, misalnya untuk
suatu produk baru yang mengalami perbaikan karena kemajuan teknologi yang bisa
menguntungkan publik, bisa jadi berarti negatif, misalnya karena dengan
munculnya
informasi lewat media tersebut kekuatan publik tak
mampu mengelaknya. Misalnya saja dengan seni music/rock, film dan masih banyak
yang lain yang sebenarnya bisa memberi pengaruh negative karena publik bisa
didorong, dirangsang untuk menerima, bisa lebih parah lagi, kalau terjadi
seperti alat injeksi sehingga dorongan dari dalam akan menjadi sangat kuat
sehingga dapat mempengaruhi perilaku.
Apa yang dapat
dilakukan media terhadap publik? Atau sebaliknya, apa yang dilakukan publik
terhadap media? Banyak penelitian yang dilakukan dan juga pengatamatan yang
disimpulkan sebagai suatu pendekatan uses and gratifications. Terutama
hasil penelitian dari Berelson pada tahun 1940an, tentang reaksi publik di New
York terhadap pemogokan terhadap surat kabar. Akibatnya, mereka kehilangan
berita. Ini hanya salah satu contoh saja. Namun ternyata, mereka kehilangan
berita. Surat kabar mempunyai banyak fungsi. Jadi, surat kabar memiliki kontrol
terhadap kejadian penting pada saat-saat itu, maka banyak publik merasa
dirugikan, ternyata surat kabar mempunyai banyak fungsi terutama bagi mereka
yang mengggunakan banyak waktu untuk membaca surat kabar.
PUBLIC RELATION ONLINE
Public Relation pada
saat ini sudah mulai berkembang penggunaannya. Penggunaan media demi
tercapainya tujuan public relation untuk membentuk opini publik telah
berkembang sesuai zaman. Media berkembang tidak hanya dapat digunakan secara
searah namun juga media dapat melakukan komunikasi dua arah. PR memanfaatkan
internet untuk menghubungkan bisnis atau individu dengan publik untuk
meningkatkan keingintahuan mereka terhadap hal-hal up to date,
mengembangkan image dan kepercayaan, demi menghindari krisis komunikasi.
Manajemen krisis merupakan suatu aktifitas dalam suatu organisasi/ perusahaan
yang sering diabaikan. Internet telah membuat penanganan krisis menjadi semakin
buruk. Berkat era informasi dan begitu banyaknya model komunikasi, krisis dapat
mengubah keadaan semula yang tidak tahu apa-apa menjadi memanfaatkan berbagai
faktor dengan mengambil berbagai keputusan atau tindakan yang sangat cepat.
Selama krisis, perusahaan dan para eksekutif dihadapkan pada posisi pengambilan
keputusan kritis di bawah keadaan: tekanan yang begitu intens, tingkat stress
yang tinggi, ketelitian dan kecermatan terhadap faktor lingkungan eksternal,
tekanan waktu cukup dramatik, ketidak jelasan informasi.
Terdapat beberapa
krisis yang berawal dari net dan kemudian menjadi subjek diskusi dan publikasi
secara online. Hal yang paling penting adalah merencanakan apa yang harus
dilakukan untuk menghadapi krisis. Dunia internet telah menjadi tempat bagi
orang-orang untuk memperoleh informasi terbaru tentang krisis atau hal-hal yang
tidak terduga. Bahkan, saat ini internet telah menjadi suatu sarana yang tidak
dapat dilepaskan untuk mengekspresikan perasaan, pendapat dan sikap tentang
berbagai berita yang penting untuk kita. Biasanya orang mengandalkan internet
untuk mendapatkan informasi terkini, dengan membuka home page untuk mencari
berita
Home page adalah tempat pertama yang mewakili penglihatan
publik sebagai respon informasi pada sebuah krisis. Mempunyai sebuah template
untuk homepage bearti bersiap-siap untuk singgah pada krisis yang berhubungan
dengan informasi. Pendekatan home page tidak dibatasi, karena dapat dilakukan
sesering mungkin, menempatkan kembali halaman depan yang ada (khususnya jika
hal itu difokuskan pada pemasaran) supaya dapat menyelamatkan krisis tersebut.
Dalam hal ini kita
dapat menyediakan sebuah link pada regular home page. Sehingga, semua yang
datang mencari informasi khusus masih dapat menemukannya. Kita dapat
menyediakan sebuah link yang mudah pada home page, di mana informasi tentang
krisis digabungkan. Kuncinya, jangan membuat orang menggali informasi tersebut.
Yakinkan hal itu memperjelas bahwa kita sedang menyelamatkan krisis dan
informasi yang tersedia pada web-site.
Sebaiknya kita
memiliki alamat e-mail untuk publik guna saling berhubungan selama krisis.
Dengan menyediakan akses online, kita dapat mengurangi telepon yang diterima
perusahaan. Jika mempunyai e-mail ke home page, kita dapat mengundang pendapat,
kkomentar, dan pernyataan publik. Jika kita melakukan demikian, bersiap-siaplah
untuk menjawab e-mail yang diterima. Bahkan jika pengirim hanya mendapat
jawaban auto-respons penerima dari informasi mengenai bagaimana e-mail itu
digunakan. Auto-respons dapat juga dikirim ke mereka yang menanyakan pertanyaan
sesuai dengan jawaban yang telah disiapkan. E-mail yang sembrono, caci maki,
dan keluhan-keluhan yang tidak berdasar dapat dibuang. Pertanyaan serius sebaiknya
disampaikan ke sumber yang sesuai untuk penanganan yang tepat.
PRAKTIKUM
Buatlah bisnis PR
online dengan menggunakan media yang sesuai dan tersedia.
PERBEDAAN ANTARA
PUBLIC RELATION ONLINE DAN PUBLIC RELATION OFFLINE
Public relation
online adalah kegiatan PR yang berhubungan dengan media, komunitas dan public
yang ada dalam channel-channel internet. Hal ini termasuk search engines,
blogs, news search, forums, discussion threads, social networks dan alat
komunikasi online lainnya. Reputasi dan manajemen merupakan fokus utama dalam
PR online. Sedangkan public relation offline memiliki konsep yang sama dengan
PR online hanya saja medianya menggunakan media cetak, radio, atau televisi,
meskipun ada beberapa dari media internet yang termasuk dalam public relation
‘online’ yang ‘offline’.
Perkembangan PR baik
sebagai ilmu maupun profesi sangatlah berkaitan dengan perkembangan teknologi
komunikasi. Pengaruh teknologi komunikasi terhadap PR dapat berbentuk sebagai
alat/media PR ataupun bentuk baru dari kegiatan PR, yang memunculkan istilah
Net PR, PR online, dan nama lain bentuk kegiatan atau bidang kajian PR dalam
dunia maya. PR sebagai ilmu ataupun sebai profesi menjadi sesuatu yang tidak
bisa dipisahkan dengan tekhnologi komunikasi baru yang bernama internet.
Internet yang mulai
populer pada tahun 1980 yang ditandai dengan munculnya komputer satelit memang
telah mencuri perhatian sampai pada saat ini. Internet merupakan jaringan dari
ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Pada
awalnya internet diciptakan sebagai sarana bagi para peneliti untuk mengakses
data dari sejumlah computer. Namun sekarang internet telah berkembang menjadi
ajang komunikasi
yang sangat cepat dan efektif sehingga telah
menyimpang jauh dari misi awalnya. Dewasa ini, internet telah menjadi
sedemikian besar dan berdaya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tidak
dapat kita abaikan (LaQuey, 1997:1).
Seperti yang
diungkapkan LaQuey, kini penggunaan internet sudah semakin meluas dan mencakup
berbagai kalangan. Pemberitaan sudah tidak hanya dapat diakses melalui surat
kabar, radio taupun televisi saja,namun internet telah menjelma menjadi alat
penyampaian berita ter up to date. Dalam perkembangannya, internet
merupakan hal yang tidak terpisahkan bagi banyak kalangan. kalangan siswa
misalnya, sudah tidak perlu lagi berlama-lama di perpustakaan untuk mencari
informasi, karena internet dapat menjawab keingin tahuan yang dahulunya hanya
didapat melalui buku.
Menurut LaQuey,
nilai yang ditawarkan internet dapat dikiaskan sebagai sitem jalan raya dengan
transportasi berkecapatn tinggi yang memperpendek waktu perjalanan Anda. Atau
dapat juga diibaratkan sebuah perpustakaan yang dapat anda kunjungi setiap
saat, dengan kelengkapan buku, sumber informasi, dan kemungkunan penelusuran
informasi yang tak terbatas. Ketidak terbatasan inilah yang lambat laun menjadi
sesuatu hal yang kadangkala menggangggu. Bagaimana internet dapat menjadi suatu
hal yang luar biasa bebas sehingga tidak hanya postif yang didapat, namun sisi
negatif juga tidak dapat dihindari. Untuk itulah kenapa kedewasaan dalam
menggunakan internet sangat diperlukan agar para pengguna internet yang terdiri
dari berbagai kalangan tersebut tidak dirugikan.
Baru-baru ini
internet juga merambah dunia bisnis. Banyak konglomerat-konglomerat muda
dilahirkan oleh internet. Bisnis menjadi lebih mudah dan lebih cepat berkembang
dengan bantuan internet. Promosi, yang dahulunya memakan banyak waktu dan biaya
dengan internet, menjadi lebih cepat dan murah. Itulah kenapa PR online menjadi
sangat penting dalam perkembangan bisnis pada saat ini. Bisnis dapat berfungsi
hanya bila ia diterima oleh
masyarakat, karena kegiatan bisnis ditujukan untuk
masyarakat, sehingga perusahaan bisa memperoleh keberadaannya dari komunitas.
Komunitas mencakup: komunitas luas di daerah perusahaan, komunitas masyarakat
yang tinggal dekat dengan perusahaan, kelompok partisipasi Negara, kelompok
pendidikan, organisasi komunitas, organisasi sosial, dan khalayak khusus.
Melalui internet dapat menetukan spesifikasi target bisnis berdasarkan hubungan
komunitas.
Dunia PR pada saat
ini bisa dibilang memasuki masa keemasan, karena teknologi internet pada saat
ini telah membawa prkatisi mampu mencapai publik sasaran secara langsung, tanpa
intervensi dari pihak-pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa,
yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi dan melakukan
penyensoran terhadap pesan informasi PR bagi khalayak (publik).
Beberapa hal yang
yang dapat dilakukan oleh praktisi PR melalui PR online adalah :
• PR harus menyadari
bahwa public dapat mengakses semua Press Release atau News Release yang
dikirimkan melalui internet atau server, dengan menggunakan kata-kata yang
mudah dicari dan dipahami publik.
• Publik dapat
mengakses Press Release dalam home page yang ada di Home Page perusahaan.
• PR dapat membuat
mailing list dari publiknya. Mailing list adalah perangkat elektronik yang
dapat menyebarkan Press Release kepada publiknya melaluui kotak e-mail.
Semua aktivitas PR
di atas, yang melalui internet tersebut memungkinkan PR menjalin hubungan baik
untuk mempertahankan dukungan public internal dan eksternal. Publik akan sangat
tergantung pada PR sebagai sumber informasi berita
yang tidak tersaji di surat kabar dan media massa
lainnya. Melalui internet PR dapat menghemat biaya dibanding harus mengirim
Press Release melalui pos atau faks.
Keuntungan dalam PR
online adalah sebagai berikut :
• Dapat
berkomunikasi secara langsung dengan public terutama dengan segmen pasar, dan
hal ini tidak akan dapat dilakukan melalui media cetak.
• Pesan akan lebih
cepat tersampaikan sehingga jika dihadapkan pada suatu krisis dapat
diselesaikan secara langsung dengan menyampaikan suatu klarifikasi.
• Internet
mempermudah PR mendapatkan feedback, atau timbal balik dari publik melalui
interaksi langsung, yang tentu saja dapat merupakan metode yang sangat efisien.
• Public relation
online dapat memberikan kesempatan bersaing yang sama besarnya kepada
bisnis-bisnis online maupun bisnis berskala kecil dengan bisnis yang berskala
besar.
• Bagi PR, internet
dapat berfungsi sebagai iklan, media alat marketing, sarana penyebaran
informasi dan promosi.
• Tidak terbatas
oleh ruang dan waktu.
• Internet dapat
membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara
lngsung.
Cara melakukan PR online adalah dengan mempublikasikan
secara offline maupun online. melakukan ‘PR online’ secara off line adalah
melalui website, email ataupun blog yang tidak memungkinkan melakukan
komunikasi dua arah dengan public secara online atau secara langsung. Sedangkan
melakukan ‘PR online’ secara online adalah melalui twitter atau melalui
facebook, yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan public secara online.
meskipun pada saat ini sudah banyak blog yang bisa langsung terhubung dengan
facebook ataupun twitter
Melakukan ‘PR
online’ melalui website ataupun blog akan mempermudah meng-up date
berita-berita terbaru yang ingin kita sampaikan kepada public secara detail dan
lengkap. Melalui media-media tersebut pertanyaan-pertanyaan public akan dapat
dijelaskan agar dapat diketahui oleh publik secara keseluruhan. Dengan
menyajikan informasi tersebut secara online, para investor dan anggota komunitas
financial dapat mengakses fakta dan data dengan sendirinya, sehingga tidak
membebani PR dengan pekerjaan itu.
Membina hubungan
investor melalui internet melalui pengukurannya, perlu memperhatikan hal-hal
sebagai berikut :
• Apakah perusahaan
anda termasuk sektor publik (BUMN) atau swasta? Jika dikelola oleh swasta,
informasi yang sifatnya financial mungkin terbatas dan publiknya terlalu kecil
untuk membentuk hubugan investor yang positif.
• Apakah dokumen
yang berhubungan dengan investor yang paling sering diminta oleh publik?
• Apakah tujuan dari
hubungan dengan investor? Apakah anda mencoba menarik lebih banyak investor
secara individu atau lembaga?
• Bagaimana investor
utama anda memperoleh informasi? Bagaimana anda dapat menyediakan informasi dan
referensi sehingga mudah didapat?
• Apakah keadaan
finansial anda baik atau buruk? Bagaimana anda ingin memposisikan investasi
merk perusahaan anda dalam penampilannya?
• Apakah masalah
terbaru yang anda hadapi dapat menimbulkan dampak positif atau negative
terhadap finansial perusahaan anda?
Dalam PR online,
media dalam internet yang dapat digunakan untuk mendapat keuntungan-keuntungan
yaitu :
• Press Release:
menggunakan Press Release dalam PR online adalah sama dengan penggunaan Press
Release secara offline dalam cara pendistribusian kepada public. Press Release
online berarti menggunakan media internet dalam penyampaian ke public. Dengan
menggunakan PR online dalam Press Release penyampaian berita akan lebih mudah
didistribusikan secara cepat.
• Blog dan Forum :
Blogging atau mengikuti forum-forum online dan komunitas-komunitas bisa menjadi
cara yang sangat efektif dalam mendemonstrasikan keahlian anda kepada publik,
atau mempromosikan merk dagang perusahaan atau pribadi. Media tersebut juga
dapat digunakan dalam merespon tanggapan dari konsumen secara cepat.
Untuk membuat Public
Relation online diperlukan dasar-dasar agar suatu PR online memiliki suatu
standar yang dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman dasar pembuatannya.
Jika kesemua dasar telah dipenuhi, barulah suatu PR online dapat dikembangkan
sesuai dengan kebutuhan atau penambahan kreativitas dalam PR online tersebut.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Public Relation Online adalah
sebagai berikut :
• Kemampuan dalam
penulisan dalam PR online. Reputasi suatu bisnis atau perusahaan bahkan
politisi tergantung pada baik atau tidaknya strategi atau teknik
Public Relation.
Banyak politisi ataupun pemimpin perusahaan yang menyewa seorang Public
Relation untuk membantu mereka dalam penyampaian berita atau pesan bahkan pada
saat mengklarifikasi suatu masalah. Suatu penulisan dan penyampaian dengan
kata-kata yang baik akan mempengaruhi public yang sangat dibutuhkan opininya
demi tercapainya tujuan tertentu.
• Ikut dalam
komunitas publik yang dapat membantu pengembangan bisnis atau organisasi.
Kegiatan publik secara online dapat membantu untuk memperkenalkan produk
terbaru yang ingin diperkenalkan dalam suatu bisnis. Dengan mengikuti
komunitas-komunitas publik maka dengan mudah promosi akan dapat dilakukan
sehingga dapat mempermudah mengembangkan bisnis.
PUBLIC RELATION ONLINE DAN PROMOSI
Marketing dalam
kegiatan PR didasarkan pada pemikiran untuk memenuhi kebutuhan, keinginan
konsumen, yang merupakan instrumen dalam pengembangan penjualan produk dan
jasa, atau dengan kata lain merupakan strategi dalam kegiatan PR untuk
mengembangkan dan membuat maju, bersaing dengan organisasi yang bersangkutan.
Dalam strategi
marketing, perusahaan harus memiliki strategi secara keseluruhan dan memilih
dengan tepat apa saja yang dapat digunakan untuk mendukung tujuan bisnis.
Meskipun dengan penggunaan internet yang dapat memberikan banyak keuntungan,
tidak berarti para praktisi PR lantas menyepelekan media lainnya. Media selain
internet tetap menjadi bagian terpenting dalam melakukan penyebaran berita atau
informasi PR. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan
PR online dan offline demi tercapainya target. Jika suatu perusahaan memiliki
berita yang ingin dibagi dengan public, terkait hubungannya dengan reputasi
perusahaan, maka penggunaan PR online akan sangat membantu untuk mempercepat
penyampaian kepada public. Dengan menggunakan blog perusahaan misalnya, atau
dengan menulis pada social network perusahaan, maka penyampaian berita itu akan
sangat cepat menyebar. Namun tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan PR
offline penyampaian berita itu akan menjadi lebih lama tersebar dikarenakan PR
offline tidak cepat berubah.
Segala kemudahan
yang ditawarkan PR online tidak lantas lepas dari masalah. Beberapa masalah
muncul karena adanya perubahan drastis antara PR ‘lama’ dengan PR online.
Penyesuaian PR online memaksa untuk merubah PR lama menjadi lebih modern dengan
PR online akibat banyaknya penggunaan PR online pada zaman sekarang. Untuk itu
perlulah dipelajari bagaimana memformat ulang PR ‘lama’. Bagaimana merubah PR
yang dahulunya hanya merupakan komunikasi satu arah menjadi komunikasi dua
arah, dan yang
dapat melakukan kampanye interaktif. Cara untuk
beradaptasi dari perubahan PR ‘lama’ menjadi PR baru adalah sebagai berikut :
• Menyadari
kebutuhan konsumen untuk berkomunikasi dengan anda. Dengan tersedianya media
untuk berkomunikasi dan berhubungan, para konsumen pastilah mengharapkan anda
untuk online dan berinteraksi dengan mereka. Dengan media yang sudah banyak
tersedia, hal ini akan menjadi lebih mudah untuk dipraktekkan. Adanya twitter,
Facebook, LinkedIn, Google Buzz, foursquare, dan laian-lain dapat mempermudah
anda untuk berkomunikasi dan berinterkasi secara langsung. Situs-situs di
jaringan internet pada masa sekarang ini secara berkala mem pop-up setiap
minggu dengan harapan akan bisa menjadi seperti twitter sehingga dapat
mengevaluasi satu per satu para relasi perusahaan. Sehungga dengan memperhatikan
dan dapat menerapkan kritikan, saran, dan memperbaiki masalah-masalah yang
disampaikan konsumen,akan membuat konsumen nyaman untuk berkomunikasi secara
langsung.
• Berkomunikasi
secara berkala dengan konsumen. Tidak cukup dengan hanya mengajak berinteraksi
atau berkomunikasi dengan para konsumen ataupun relasi perusahaan sekali dua
kali, namun harus dilakukan secara berkala. Jagalah mereka agar tetap
berkomunikasi sehingga dapat menyampaikan saran ataupun masalah secara
langsung, sehingga mereka tidak akan bercerita akan kendala yang mereka hadapi
kepada orang lain.
• Lihat dan waspada
dengan apa yang telah dilakukan oleh pesaing bisnis. Hal ini akan dapat
membantu untuk menetapkan standard akan apa yang akan kita lakukan untuk dapat
menjadi lebih baik daripada pesaing bisnis. Jangan sampai pesaing bisnis
melakukan langkah yang lebih maju. Jika bisa, pelajari apa langkah-langkah yang
telah dilakukan oleh para pesaing bisnis. Melalui penelitian dan evaluasi
melalui kampanye para PR dalam mempromosikan produk, ataupun dari website dan
blog mereka maka kekurangan
yang ada pada
pesaing bisnis dapat telihat. Sehingga kekurangan atau kesalahan pada pesaing
bisnis akan dapat menjadi kelebihan dan nilai lebih pada perusahaan.
• Melakukan
penelitian. Hal ini adalah aspek yang harus dilakukan dalam tiap bisnis atau
perusahaan. Dengan melakukan penelitian maka akan didapatkan pendekatan secara
ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kesempatan bisnis. Salah satu cara
melakukan penelitian demi meningkatkan kualitas adalah dengan selalu aktif
dalam melakukan komunikasi dengan konsumen yang salah satu caranya adalah
dengan Public Relation online.
• Lihat dan pelajari
apa alat atau media yang digunakan oleh para pelaku industri yang berkecimpung
pada bidang yang sama. Meskipun tidak diperlukan untuk menggunakan alat yang
sama, namun dengan mengetahuui apa yang digunakan oleh mereka, maka akan dapat
membantu untuk melakukan evaluasi secara internal. Cara mengevaluasi adalah
dengan mencoba melakukan inovasi (setelah melakukan penelitian akan alat apa
yang digunakan). Cobalah melakukan eksperimen dengan mempublikasikan dalam
media internet. Para konsumen setia yang telah merasa ‘dekat’ dengan perusahaan
dan produk anda akan memberikan evaluasi dengan memberikan penilaian, kritikan
dan saran. Setelah anda mempelajari komentar-komentar para konsumen, dan
memperbaiki kekurangannya barulah anda mempublikasikan melalui media yang lebih
langsung seperti twitter ataupun facebook yang akan dilihat oleh lebih banyak
konsumen.
• Banyaklah membaca
karena dengan membaca anda akan mengatuhi apa yang sedang menjadi topic
pembicaraan terutama dalam dunia online. dengan mengetahui topic yang sedang
hangat dibicarakan, akan memperluas pengetahuan anda dan membantu anda dalam
memberikan topik baru yang berbeda. Jangan malu untuk bertanya, karena sebagai
perusahaan yang
sedang berkembang, sangatlah perlu untuk belajar meningkatkan kualitas perusahaan
dengan lebih pintar dalam berimprovisasi.
Secara keseluruhan,
dunia online selalu berubah, begitu juga dengan teknik PR. Untuk mengimbangi
perubahan-perubahan yang selalu terjadi, diperlukan pengetahuan yang luas dan
tidak tertinggal informasi. agar suatu organisasi atau perusahaan selalu
terdepan dalam perubahan.
PRAKTIKUM
Gunakan bisnis PR
online yang telah saudara buat untuk melakukan promosi, berikan suatu produk
terbaru atau promosikan bisnis saudara dengan menulis prestasi yang telah dicapai
oleh perusahaan.
MENGUKUR EFEKTIVITAS KEGIATAN PUBLIC RELATION ONLINE
Bagaimana cara
mengukur efektivitas PR online yang telah dipublikasikan? Pengukuran
efektivitas setiap kegiatan ke-humasan harus didasarkan pada tujuan yang telah
ditetapkan. Penetapan tujuan tersebut dilaksanakan pada tahap perencanaan
kegiatan-kegiatan komunikasi. Tujuan dari setiap kegiatan harus bisa diukur.
Karena itu, tujuan harus didefinisikan secara kualitatif. Ukuran yang digunakan
untuk mengukur kegiatan-kegiatan tersebut harus ditetapkan dengan
mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu faktor khayalak, faktor media dan
faktor hasil.
Cara pengukuran
efektivitas kegiatan kehumasan tradisional tersebut berlaku juga dalam mengukur
efektivitas kegiatan kehumasan di internet. Tetapi, penggunaan teknologi baru
dalam kegiatan PR menimbulkan tantangan-tantangan yang berat. Oleh karena itu,
Public Relation Officer harus mampu yakin bahwa penggunaan teknologi
baru dalam kegiatan kehumasan dapat membantu pencapaian tujuan dan mampu mengembalikan
investasi yang telah ditanam.
Sayangnya, pada
umumnya pengujian efektivitas kegiatan kampanye komunikasi melalui internet
lebih difokuskan pada alat, bukan pada hasilnya. Contohnya adalah pada banyak
atau tidaknya pengunjung suatu PR online. Untuk mengukur kegiatan kehumasan,
jumlah ini seringkali diasumsikan sebagai suatu keberhasilan, padahal
kenyataannya tidak demikian. Jumlah tersebut tidak bisa menujukkan apakah suatu
PR online telah tepat sasaran, atau apakah PR online telah berhasil mempengaruhi
opini, sikap, dan tingkah laku.
Cara yang tepat
untuk mengetahui efektivitas program PR online adalah, yang pertama, menghitung
jumlah orang yang mengunjungi dan memberikan informasi rinci mengenai dirinya
pada website tersebut. Dalam suatu promosi, PR officer harus
mengintegrasikan berbagai media sebagai publisitas, misalnya untuk peluncuran
website baru,
dibuat iklan secara serial mulai beberapa hari sebelum
peluncuran sampai pada hari peluncuran baik di media cetak maupun elektronik.
Iklan ini dimaksudkan untuk menimbulkan rasa penasaran khayalak, sehingga pada
hari peluncuran banyak sekali orang yang mengunjungi website tersebut. Website
dibuat semenarik mungkin, sehingga orang merasa senang dan kagum dan mau
memberikan informasi rinci mengenai dirinya pada website tersebut.
Kedua, laporan
penjualan bulanan dari pengecer resmi. Kampanye PR yang diadakan sehubungan
dengan kehadiran kegiatan PR online dapat mendatangkan para pelanggan baru
walaupun situs tidak melakukan transaksi jual beli. Dalam situs, mereka dapat
mengetahui semua yang mereka ketahui mengenai perusahaan tersebut dan produk
yang dihasilkan. Dari situ pula mereka dapat menentukan apa yang ingin mereka
beli. Walaupun perusahaan tidak menjual secara langsung, namun dari data yang
mereka berikan, anda dapat memberikan informasi/ laporan dari para pengecer
mengenai dimana pembeli mengetahui pengecer tersebut, dan berapa jumlah pasar
yang pasti.
Ketiga, mengukur
tingkah laku khayalak. Mengukur dampak dari kegiatan internet dapat dilihat dari
perilaku khayalak. Perusahaan harus memfasilitasi situs mereka dengan segala
informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat. Dalam situs tersebut juga perlu
diketahui oleh masyarakat. Dalam situs tersebut juga harus dilengkapi dengan
informasi bagaimana dan saluran apa yang dapat dipakai pengunjung untuk
menyampaikan umpan baliknya kepada perusahaan. Pengukuran dapat dilihat pada
berapa banyak orang yang memberikan umpan balik melalui saluran-saluran yang
disediakan.
Keempat, memantau
liputan media. Beberapa studi kasus membuktikan bahwa penggunaan website untuk
media relations dapat meningkatkan tingkatan liputan di media massa. Dengan
membuka website dari perusahaan, wartawan bisa mendapatkan berita hanya
dengan meng-copy dan mem-paste informasi yang ada di
website atau dengan menggunakan software yang dapat men-download semua
halaman website beserta link-nya untuk kemudian dijadikan berita. Jadi,
salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengukur berapa efektivitas kegiatan
PR online adalah dengan memantau berapa banyak informasi dari website yang
dijadikan berita di media massa.
Kelima, mamantau
penambahan database. Sifat internet yang ‘one to one’ memungkinkan
PR officer untuk mendapatkan informasi rinci tentang khayalak sasaran, yang
tidak dapat diperoleh dari tatanan komunikasi lain yang konvensional.
PRAKTIKUM
Ukurlah efektivitas bisnis PR online yang
telah saudara buat dengan pertimbangan-pertimbangan diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar